BIAYA PENDIDIKAN

1. Token Pendaftaran

Token adalah kode transaksi yang akan digunakan untuk melakukan validasi pembayaran pendaftaran calon mahasiswa baru. Token berupa kombinasi 9 digit angka dan huruf. Harga token sebesar Rp 200.000,00. Pembelian token dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

  • Melalui bank Mandiri terdekat baik melalui teller, atm, atau internet banking dengan menyertakan nomor transaksi yang tercantum pada email
  • Melakukan pembayaran secara offline di Institut Teknologi Telkom Surabaya yaitu di Jalan Ketintang 156, Gayungan, Surabaya

2. Komponen Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan Institut Teknologi Telkom Surabaya terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu:

  • Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3) : dibayarkan 1 (satu) kali di awal tahun perkuliahan saat pendaftaran ulang calon mahasiswa baru.
  • Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2) : dibayarkan 1 (satu) kali di awal tahun perkuliahan saat pendaftaran ulang calon mahasiswa baru.
  • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) : dibayarkan setiap semester.

3. Tabel Biaya Pendidikan

Biaya PendidikanJumlah yang Dibayarkan (Rp)Keterangan
UP37.500.000,00Dibayarkan satu kali
SDP212.500.000,00Dibayarkan satu kali
BPP6.650.000,00Dibayar setiap semester

4. Pelunasan Biaya Pendidikan

Batas pelunasan pembayaran UP3, SDP2, dan BPP pertama maksimal 1 bulan setelah pengumuman hasil seleksi. Apabila melunasi biaya pendidikan (UP3, SDP2,BPP) sebelum batas waktu yang telah diberikan, maka akan diberikan merchandise menarik.

5. Ketentuan Pengunduran Diri

Bagi calon mahasiswa baru yang akan mengundurkan diri, komponen biaya yang akan dikembalikan hanya SDP2 dan BPP dengan syarat diterima di Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SNMPTN dan SBMPTN sebelum 15 Agustus 2020. Setelah batas waktu yang telah ditentukan, maka tidak ada biaya yang dikembalikan. Bagi calon mahasiswa baru yang menerima beasiswa dari Institut Teknologi Telkom Surabaya tidak berlaku pengembalian biaya pendidikan.