4 Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa

Apa sih yang ada dipikiran kalian kalau nanti akan jadi mahasiswa?

Pasti yang kalian pikirkan saat akan jadi mahasiwa itu banyak banget yang harus disiapin, apalagi kalau kita jadi mahasiswa yang merantau ke kota orang. Hmmm….Paling utama yang dipikirin kalau di kota lain, biaya yang dikeluarin buat kebutuhan sehari-hari pasti lebih banyak.

Gimana sih cara ngatur uangnya?

Terus, kalau nanti udah jadi mahasiswa, apa aja sih yang harus kita lakuin? Nah, kita ada tips buat kalian, calon mahasiwa.

Sumber : Telkom Campus Surabaya

4 Tips Mengelola Keuangan Mahasiswa

1. Menabung

Sumber: google.com

Menabung itu sangat penting guys karena sangat berguna untuk kemudian hari. Uang yang ditabung nanti bisa dipakai untuk kebutuhan penting sewaktu kuliah. Caranya gampang,uang bulanan yang kalian dapat kalian atur sebaik mungkin,dengan mengutamakan membeli kebutuhan pokok kalian perbulan dulu, lalu tabung sisanya! Contohnya dibawah nih!

A) Membayar SPP Kuliah

Uang yang kalian sisakan/tabung akan berguna untuk membayar SPP kuliah guys. Dengan begitu, akan mengurangi beban orang tua kalian. Hitung-hitung bantu orang tua juga guys.

B) Kebutuhan Bahan-bahan Pembuatan Tugas Kuliah Lainnya

Selain kebutuhan diatas, kalian pasti juga membutuhkan perlatan kuliah seperti binder, kertas, bolpoin, dll.

2. Manfaatkan Sumber Pemasukan

Bagi kalian mahasiswa khususnya yang merantau apalagi yang ngekos nih! kalian bisa memanfaatkan sumber pemasukan lain selain dari orang tua,loh! Misalnya melakukan usaha kecil-kecilan hingga kerja seperti freelance atau partime.

Dengan begitu, kalian juga belajar mandiri agar tidak selalu ketergantungan terhadap orang tua. Eiittss, tapi pekerjaan yang diambil usahakan waktunya fleksibel sama kuliah kamu ya guys! supaya kamu bisa membagi waktu kuliah dan kerja serta juga ada waktu untuk istirahat buat kamu.

Sumber : https://www.cermati.com

3. Belanja Sesuai Kebutuhan

Sumber : google.com

Perlu di ingat guys! kalian sebagai mahasiswa, usahakan untuk tidak belanja yang tidak perlu! Misalnya, kebutuhan jangka panjang kalian masih ada, Nah! untuk barang yang seperti itu belinya secukupnya aja..jangan kelebihan ataupun kekurangan biar kebutuhan kamu cukup ya guys!

Khususnya kalian yang cewek nih yang suka belanja, diusahakan untuk tidak membeli peralatan kecantikan yang berlebihan. Begitu juga buat yang cowok, kalian harus bisa mengatur keuangan kalian untuk kepentingan yang lain.

Jangan sering digunakan untuk nongkrong sama teman-teman dong! Apalagi kalian yang bucin… trus, uangnya dihabisin cuma buat pacar.. hadeh,jangan ya guys..karena uang kalian juga masih dari orang tua hehehe…. Jadi kalian harus bisa semaksimal mungkin untuk bisa mengelola dan mengatur keuangan kalian.

4. Catat Semua Pengeluaran

Ini penting banget guys! Kalian harus catat semua pengeluaran kalian karena catatan ini berguna banget untuk tau seberapa banyak uang yang kalian keluarkan perbulannya. Dalam mencatat, kalian harus memprioritaskan pengeluaran yang wajib terlebih dahulu seperti membayar uang kos (jika kalian ngekost), uang transportasi, uang kuliah, uang buku, uang makan dll.

Kemudian setelah itu barulah mencatat yang kamu keluarkan untuk hal yang lainnya. Ingat guys! Diusahakan mencatatnya jangan ada yang terelewat ya.

Nah, itu tadi tips-tips buat kalian calon mahasiswa ataupun yang sudah jadi mahasiwa. Khususnya kalian yang merantau nih. Bagaimana? Mantap ngga tipsnya? Semoga tips tadi bermanfaat jika kuliah di luar kota atau di Telkom Campus Surabaya. Berminat masuk Telkom Campus Surabaya? Yuk segera daftar melalui website https://smb.ittelkom-sby.ac.id jangan lupa follow Instagram kita juga yak! Di @smb.ittelkomsurabaya.

Sumber : https://www.cermati.com
sumber artikel: https://kreditplus.com, https://mamikos.com