Ingin Tau Prospek Kerja berdasarkan Jurusan di Telkom Campus Surabaya? Hayuk disimak dulu!

Halo guys?! masih bingung mau masuk jurusan apa dan nggak tau setelah lulus mau jadi apa? hmm… nggak usah khawatir guys, agar kamu lebih yakin dengan jurusan yang ingin kamu pilih aku mau beri info nih beberapa prospek kerja tiap jurusan yang ada di Telkom Campus Surabaya.

Seperti yang kamu tau, Telkom Campus Surabaya merupakan kampusnya para milenial yang berbasis ICT yang berfokus pada pengembangan Industri maritim, transportasi dan logistik,loh!

Sumber : uangonline.com

1. Teknologi Informasi

Sumber : Pinterest

Hayoo,bagi kamu nih yang memilih jurusan Teknologi Informasi patut bersyukur deh, why? jurusan ini termasuk salah satu jurusan populer, sebab di era kemajuan teknologi saat ini peranannya sangat penting. Prospek kerjanya pun sangat luas, hampir semua perusahaan atau tempat kerja membutuhkan seorang ahli IT dalam mengembangkan perusahaannya. Berikut beberapa prospek kerjanya, di bidang :

  1. Industri, Kemaritiman, Logistik dan Transportasi
  2. Sistem interprise dan sistem terdistribusi
  3. Pengembangan Perangkat Lunak
  4. Jaringan Komputer

Adapun profesi yang dapat kamu tekuni yaitu sebagai Web developer, System Analyst, Network Adminitrator, IT Consultant, Web Designer, Moblie Application Developer, Software Tester, IT Support Analyst dan Network Engineer. Banyak banget profesi yang kamu dapet setelah lulus prodi ini loh!

2. Sistem Informasi

Kamu tertarik untuk belajar IT atau bisnis? Jangan bingung memilih gais, kamu bisa mempelajari keduanya sekaligus pada jurusan Sistem Informasi. Jurusan atau Program Studi Sistem Informasi dikenal juga sebagai Manajemen Informatika. Prospek kerjanya pun cukup menjanjikan,loh! Berikut beberapa prospek kerjanya, di bidang :

  1. Industri Manufacturing, Logistik dan Transportasi
  2. Industri Start Up
  3. Organisasi Pemerintahan

Profesi yang bisa kamu tekuni yaitu sebagai E-Commerce System Developer, Database Administrator, Application Developer (Android/IOS), Membangun Startup, Business Analyst, Web Developer, Project Manager, IT Manager, System Analyst, IT Consultant, System Engineer, Network Security dan Programmer. Gimana? banyak kan guys?

Sumber : apkomindo

3. Rekayasa Perangkat Lunak

Sumber: pinterest

Bagi kamu yang suka banget buat aplikasi, dan bercita-cita jadi game developer cocok banget deh masuk jurusan RPL. Prospek kerjanya bisa di semua industri. Berikut diantaranya seperti :

  1. Industri Kemaritiman, Logistik dan Transportasi
  2. Web Developer dan Start-Up
  3. Analisis Sistem dan Programmer
  4. Game dan Mobile Device Developer

Profesi yang dapat kamu tekuni yaitu menjadi Intellegent System Developer, Web Engineer, Software Tester, Computer Network, Database Engineer, System Integrator, IT Consultant dan Programmer. Jangan salah! Anak RPL juga banyak profesi kerjanyaa loh!

4. Teknik Industri

Anak industri mana suaranya??? Dari dulu, jurusan ini always populer dikalangan mahasiswa. Lulusan dari Teknik Industri memiliki peran penting di Era Industri 4.0. Berkembang pesatnya dunia industri membuat peluang lulusan TI pun sangat besar. Berikut beberapa prospek kerjanya, di bidang :

  1. Industri Manufacturing
  2. Industri Transportasi dan Logistik
  3. Perusahaan IT dan Konstruksi
  4. Bank atau Perusahaan Jasa

Kamupun bisa masuk divisi yang kamu ingin loh! yaitu di Manajemen SDM, Health and Safety Environment Engineer, Purchasing, Marketing, Sales Engineer, Computer Network, Database Engineer, System Integrator, IT Consultant dan Programmer Divisi Customer Relationship, Divisi Analyst & Research, Divisi Logistic, dan masih banyak divisi lain yang membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan teknik industri. Kamu jadi Anak Industri? Tetep keren guys!

Sumber: Pinterest

5. Teknik Komputer

Sumber: https://umn.ac.id

Anak teknik komputer serba bisa? Perkembangan dunia digital pada era globalisasi makin pesat,guys! sehingga mendorong masyarakat untuk mengikuti arus perkembangan tersebut. Dalam dunia pendidikan jurusan atau prodi Teknik Komputer makin banyak diminati. Prospek kerjanya menjanjikan dan banyak dibutuhkan,loh! Berikut diantaranya seperti :

  1. Keamanan Komputer
  2. Otomasi Sistem berbasis IoT
  3. Pengolahan Citra
  4. Cloud Robotics
  5. Aplikasi Mobile

Profesi yang dapat kamu tekuni antara lain sebagai Admin Data Base, Analis Sistem Komputer, Teknisi Komputer, Programmer, Freelancer, Wiraswasta, IT Consultant, Growth Hacker, Software Engineer dan Tenaga Pengajar. Jurusan ini ngga kalah keren kan,guys?!

6. Teknik Telekomunikasi

Kamu ingin jadi Menteri KOMINFO? Yuk masuk jurusan Teknik Telekomunikasi. Nah, untuk jurusan ini memiliki fokus pembelajaran pada bidang telekomunikasi yang pengaplikasiannya terhadap sistem komunikasi seluler dan teknik digital. Berikut beberapa prospek kerja seperti di bidang :

  1. Industri Telekomunikasi (Operator, Vendor dan Contractor)
  2. Industri Maritim, Logistik dan Transportasi
  3. Pemerintahan (Regulator), Kementrian Kominfo Perusahaan Teknologi Digital dan Start-Up
  4. Perusahaan Energi dan Tambang serta Perbankan

Dari uraian diatas kamu bisa memilih profesi yang kamu ingin diantaranya yaitu Arsitek Database, Operator Radio, Programmer yang dikontrol Komputer Numerik, Teknisi Mekanik Radio, Administrator Sistem Komputer dan Jaringan, Analisis Sistem Komputer, Manajer Sistem Komputer dan Informasi, Programmer Komputer, Arsitek Sistem Komputer dan Arsitek Jaringan Komputer. Hayoo banyak kan profesi kerjanyaa?

Sumber: Duniailkom

7. Teknik Elektro

Sumber: Duniailkom

Prospek kerja teknik elektro emang luas ya saat ini. Karena itu jurusan teknik elektro ialah salah satu jurusan yang paling banyak diminati rek! Setelah lulus dari teknik elektro banyak perusahaan yang melirik,loh! Dengan adanya Teknologi yang semakin cepat membuka peluang untuk lulusan jurusan Teknik Elektro dalam mengisi posisi penting yang butuh keterampilan di bidang elektronika. Berikut beberapa prospek kerjanya, di bidang:

  1. Industri Manufaktur, Logistic dan Transportasi
  2. Manufaktur Perangkat/Komponen Aplikasi Web dan Mobile
  3. Lingkungan Cerdas

Nah, profesi yang bisa kamu ambil antara lain Teknisi di Perusahaan Elektronika, Electrical Design Engineer, Project Engineer, Control Engineer, System Engineer, Software Developer, Bekerja pada BUMN, Tenaga Pengajar, Manufaktur, Perusahaan Telekomunikasi dan Perusahaan di bidang Perminyakan dan Pertambangan.

Semua jurusan keren-keren, tunggu apalagi? Segera tentukan pilihan kamu! Sudah jelas kan prospek kerja dari 7 prodi atau jurusan yang bisa kamu pilih di Telkom Campus Surabaya. Di Kampus millenial ini kamu bisa belajar banyak hal dan juga berkesempatan magang serta berkarir di Telkom Group loh! Yuk langsung aja daftar melalui website kita https://smb.ittelkom-sby.ac.id/ ,jangan lupa follow dan kepoin Instagram kita juga yak di @smb.ittelkomsurabaya.