BIAYA PENDIDIKAN

1. Token Pendaftaran

Token adalah kode transaksi yang akan digunakan untuk melakukan validasi pembayaran pendaftaran calon mahasiswa baru. Token berupa kombinasi 9 digit angka dan huruf. Harga token sebesar Rp 200.000,00. Pembelian token dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

  • Melalui bank Mandiri terdekat baik melalui teller, atm, atau internet banking dengan menyertakan nomor transaksi yang tercantum pada email.
  • Melalui bank Lainnya baik melalui teller, atm, atau internet banking dengan menyertakan nomor transaksi yang tercantum pada email.

2. Komponen Biaya Pendidikan

Biaya pendidikan Institut Teknologi Telkom Surabaya terdiri dari 3 (tiga) komponen, yaitu:

  • Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3) : dibayarkan 1 (satu) kali di awal tahun perkuliahan saat pendaftaran ulang calon mahasiswa baru.
  • Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2) : dibayarkan 1 (satu) kali di awal tahun perkuliahan saat pendaftaran ulang calon mahasiswa baru.
  • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) : dibayarkan setiap semester.

3. Tabel Biaya Pendidikan

Biaya PendidikanJumlah yang Dibayarkan (Rp)Keterangan
UP37.500.000,00Dibayarkan satu kali
SDP212.500.000,00Dibayarkan satu kali
BPP6.650.000,00Dibayar setiap semester

4. Pelunasan Biaya Pendidikan

Batas pelunasan pembayaran UP3, SDP2, dan BPP pertama maksimal 1 bulan setelah pengumuman hasil seleksi. Apabila melunasi biaya pendidikan (UP3, SDP2,BPP) sebelum batas waktu yang telah diberikan, maka akan diberikan merchandise menarik.

5. Ketentuan Pengunduran Diri

Selanjutnya beberapa informasi yang perlu Saudara ketahui terkait Pengunduran diri adalah sebagai berikut:

Pengunduran Diri Karena Diterima di PTN
Pengunduran diri apabila diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dapat diajukan dengan syarat sebagai berikut:

  • Permohonan pengunduran diri harus dilakukan secara tertulis yang ditandatangani oleh orang tua/wali dengan mengirimkan surat Permohonan Pengunduran Diri yang ditujukan Kepada Rektor ITTelkom Surabaya selambat-lambatnya diterima oleh pihak ITTelkom Surabaya maksimal 2 minggu setelah pengumuman SNMPTN/SBMPTN (cap pos). Pengunduran diri diluar waktu atau disampaikan secara lisan maupun melalui email, telepon dan SMS tidak berlaku.
  • Fotokopi pembayaran Registrasi yang telah dibayarkan.
  • Bukti telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SBMPTN atau SNMPTN. Berikut adalah perguruan tinggi yang diakui LTMPT https://web.snmptn.ac.id/ptn di luar nama-nama tersebut maka tidak berlaku pengembalian biaya pendidikan.
  • Lampirkan No Rekening (nama pemilik, no rekening dan Bank) untuk pengembalian biaya registrasi.
Berikut adalah ketentuan pengunduran diri apabila diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) :
  • Jika pengunduran diri dilakukan sampai batas maksimal 2 minggu setelah pengumuman, maka Biaya Pendidikan yang telah disetorkan akan dikembalikan. Pengunduran diri dilakukan setelah batas waktu 2 minggu setelah pengumuman maka seluruh Biaya yang telah disetorkan tidak dapat dikembalikan.
  • Biaya yang dikembalikan sepenuhnya adalah SDP2 dan BPP, sedangkan UP3 tidak dapat dikembalikan

Pengunduran Diri Dengan Alasan Lainnya
Pengunduran Diri dengan alasan apapun selain diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN dan di luar Perguruan Tinggi yang tergabung di LTMPT, maka seluruh biaya registrasi yang telah disetorkan kepada ITTelkom Surabaya tidak dapat dikembalikan.

Pembayaran Registrasi Melewati Batas Tenggat Waktu Bayar
Apabila proses Pembayaran Registrasi melewati batas tanggal pembayaran yang telah ditentukan tanpa keterangan kepada Bendahara ITTelkom Surabaya, maka calon mahasiswa tersebut dianggap mengundurkan diri.