Ketika Kuliah, Soft Skill di UKM dan CDC Sangat Penting!

Ketika Kuliah, Soft Skill di UKM dan CDC Sangat Penting!

13 Jan 2023 | Fun Pages | 0 comments

kuliah

Saat kuliah tentu kita sebaiknya tidak hanya menghabiskan waktu untuk belajar di kelas saja. Tentu menimba ilmu di kelas bersama dosen sangat penting. Tetapi kesempatan untuk mempelajari banyak hal semasa kuliah juga perlu dilakukan.

Oleh sebab itu banyak universitas yang mendorong mahasiswanya untuk aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta Pusat Pengembangan Karir. Hal itu untuk mendorong agar para mahasiswa dapat mempelajari berbagai macam kemampuan khususnya soft skill.

Salah satu kampus yang peduli akan hal itu adalah Institut Teknologi Telkom Surabaya. IT Telkom Surabaya atau ITTS memiliki 9 UKM dan CDC (Career Development Center) atau Pusat Pengembangan Karir yang membekali kompetensi soft skill mahasiswa. Sehingga nantinya dapat menyiapkan mereka untuk memiliki daya saing ketika lulus.

Berlatih Soft Skill di UKM dan CDC

Soft Skill sendiri merupakan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan ini juga berkaitan dengan pengembangan kepribadian seperti manajemen waktu, kecerdasan emosi, tingkat kepemimpinan, dan masih banyak lagi.

Melalui berbagai pilihan UKM yang ada di ITTS, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan yang selama ini tidak bisa mereka keluarkan. Di sini mereka bisa belajar bagaimana berkomunikasi dengan anggota lainnya. Mereka juga bisa belajar mengendalikan emosi atau berkompromi satu sama lainnya. 

Selain itu tentu juga bisa membangun jaringan yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dengan memiliki jaringan yang kuat tentu akan memudahkan mereka dalam menghadapi kerasnya dunia kerja. Dan yang utama adanya jaringan ini bisa memberikan banyak manfaat kedepannya.

Selain UKM, ITTS juga memiliki CDC yang seperti penjelasan sebelumnya berguna untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu memiliki sumber daya manusia yang tangguh supaya dapat bersaing di dalam dunia kerja. Di CDC inilah mental mahasiswa akan digembleng agar menjadi individu yang tidak mudah menyerah.

Pentingnya Soft Skill

Sama seperti hard skill yang fokus kepada kemampuan yang langsung berhubungan dengan dunia kerja, soft skill juga sangat penting. Berikut beberapa soft skill yang penting dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari yang bisa dipelajari ketika kuliah di ITTS:

  1. Kemampuan berkomunikasi

Dalam kehidupan kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting apalagi dalam dunia kerja. Dengan komunikasi yang baik maka interaksi dengan rekan atau mitra kerja akan lebih efektif. Kesalahpahaman bisa dihindari dan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

  1. Bekerja dalam tim

Soft skill selanjutnya adalah bekerja dalam tim. Jika kamu bekerja di dalam sebuah perusahaan tentu wajib bekerja sama dengan orang lain. Rekan kerja kamu yang memiliki sifat dan kemampuan yang berbeda-beda bisa kamu pahami jika memiliki kemampuan ini. Sehingga nantinya kamu akan terbuka terdapat berbagai macam masukan atau ide, menghargai sudut pandang orang lain, dan nyaman saat bekerja sama.

  1. Manajemen Waktu

Salah satu soft skill yang penting namun kerap dilupakan orang adalah manajemen waktu. Dalam dunia usaha, waktu adalah uang. Karena itu sangat penting memiliki kemampuan yang dapat mengatur waktu dengan efisien. Agar nantinya dapat bekerja dengan lebih efektif dan tentunya tidak dikejar-kejar oleh deadline.

  1. Kepemimpinan

Tidak semua orang terlahir sebagai pemimpin tetapi tidak ada salahnya untuk belajar mengenai kepemimpinan. Dengan memiliki kemampuan berupa kepemimpinan yang baik diharapkan setiap urusan dapat dikerjakan dengan baik. Sebab seorang pemimpin dapat membimbing rekan-rekannya untuk mencapai tujuan yang hendak mereka raih. Kemampuan ini membuat kamu bisa membuat keputusan dengan cepat, fleksibel dan akurat.

Itulah tadi beberapa kemampuan soft skill yang bisa didapatkan ketika menimba ilmu di ITTS. Masih banyak soft skill lainnya yang bisa dipelajari ketika mahasiswa masuk UKM dan mengikuti CDC. Dan pastinya semuanya akan memberikan manfaat yang sangat besar.

Ingat bahwa di dalam dunia kerja kemampuan-kemampuan tersebut dapat menunjang karir kamu. Sehingga jangan ragu untuk selalu meningkatkan soft skill melalui berbagai fasilitas yang ada salah satunya adalah UKM dan CDC di ITTS.

Pilihan Tepat Untuk Wujudkan Impian

Seleksi Gelombang 2 sudah dibuka
Raih kesempatan kuliah di kampus Telkom

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)