Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITTelkom Surabaya

Pendaftaran

Kamu Ada kendala ? Yuk langsung hubungi Admisi ❤️

Prosedur Pendaftaran

k

1. Buat Akun

Buka pmb.ittelkom-sby.ac.id dan klik Buat Akun Baru

2. Aktivasi Akun

Buka WA/email pendaftaran akun dari ITTelkom Surabaya dan klik AKTIVASI AKUN

3. Login

Masuk ke pmb.ittelkom-sby.ac.id dengan username dan password yang tertera di email

4. Beli Pin Pendaftaran

Klik menu Beli Token Pendaftaran dan pilih jalur seleksi yang tersedia

5. Bayar PIN Pendaftaran

Pembayaran dilakukan melalui nomor Virtual Account (VA) Bank BNI yang dikirimkan ke email

6. Lengkapi Persyaratan

Lengkapi isian Biodata dan dokumen kelengkapan lainnya hingga cetak Kartu Peserta

Biaya PIN Pendaftaran

  1. Nominal biaya PIN pendaftaran adalah senilai Rp 300.000
  2. Tersedia juga PIN dengan diskon. Hubungi CS untuk mendapatkan Kode Diskon selama masih tersedia
  3. Satu PIN hanya berlaku untuk satu jalur seleksi
  4. Pembayaran melalui Virtual Account (VA) Bank BNI sesuai yang dikirimkan ke email
  5. Lakukan pembayaran maksimal 3 hari setelah mendapatkan nomor VA sebelum hangus

Cek Hasil Seleksi

Setelah cetak Kartu Peserta, silahkan tunggu proses seleksi. Dimana pengumumannya?

  1. Hasil seleksi diumumkan melalui email
  2. Atau login ke pmb.ittelkom-sby.ac.id kemudian pilih Dashboard untuk melihat status seleksi dari jalur yang dipilih
  3. Atau cek link di bawah ini

Biaya Pendidikan

Tata Cara Pembayaran  PIN Pendaftaran dan Biaya Pendidikan

Pembayaran PIN Pendaftaran dan Biaya Pendidikan dilakukan melalui Virtual Account (VA) BNI. Nomor VA untuk pembayaran PIN Pendaftaran tertera pada email request nomor transaksi. Sedangkan nomor VA tiap komponen biaya Pendidikan tertera pada email kelulusan Calon Mahasiswa. Lakukanlah pembayaran sebelum batas waktu pelunasan dan simpan bukti transaksinya.

  1. Masukkan Kartu Anda.
  2. Pilih Bahasa.
  3. Masukkan PIN ATM Anda.
  4. Pilih “Menu Lainnya”.
  5. Pilih “Transfer”.
  6. Pilih Jenis rekening yang akan Anda gunakan (Contoh; “Dari Rekening Tabungan”).
  7. Pilih “Virtual Account Billing”.
  8. Masukkan nomor Virtual Account Anda (contoh: 8241002201150001).
  9. Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi.
  10. Konfirmasi, apabila telah sesuai, lanjutkan transaksi.
  11. Transaksi Anda telah selesai.
  1. Akses BNI Mobile Banking dari handphone kemudian masukkan user ID dan password.
  2. Pilih menu “Transfer”.
  3. Pilih menu “Virtual Account Billing” kemudian pilih rekening debet.
  4. Masukkan nomor Virtual Account Anda (contoh: 8241002201150001) pada menu “input baru”.
  5. Tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi
  6. Konfirmasi transaksi dan masukkan Password Transaksi.
  7. Pembayaran Anda Telah Berhasil.
  1. Ketik alamat https://ibank.bni.co.id kemudian klik “Enter”.
  2. Masukkan User ID dan Password.
  3. Pilih menu “Transfer”
  4. Pilih “Virtual Account Billing”.
  5. Kemudian masukan nomor Virtual Account Anda (contoh: 8241002201150001) yang hendak dibayarkan. Lalu pilih rekening debet yang akan digunakan. Kemudian tekan “lanjut”
  6. Kemudin tagihan yang harus dibayarkan akan muncul pada layar konfirmasi.
  7. Masukkan Kode Otentikasi Token.
  8. Pembayaran Anda telah berhasil.
  1. Buka aplikasi SMS Banking BNI.
  2. Pilih menu Transfer.
  3. Pilih menu Trf rekening BNI.
  4. Masukkan nomor rekening tujuan dengan 16 digit Nomor Virtual Account (contoh: 8241002201150001).
  5. Masukkan nominal transfer sesuai tagihan atau kewajiban Anda. Nominal yang berbeda tidak dapat diproses.
  6. Pilih “Proses” kemudian “Setuju”.
  7. Reply sms dengan ketik pin sesuai perintah.
  8. Transaksi Berhasil.
  1. Kunjungi Kantor Cabang/outlet BNI terdekat.
  2. Informasikan kepada Teller, bahwa ingin melakukan pembayaran “Virtual Account Billing”.
  3. Serahkan nomor Virtual Account Anda kepada Teller.
  4. Teller melakukan konfirmasi kepada Anda.
  5. Teller memproses Transaksi.
  6. Apabila transaksi Sukses anda akan menerima bukti pembayaran dari Teller tersebut.
  1. Masukkan kartu ke mesin ATM Bersama.
  2. Pilih “Transaksi Lainnya”.
  3. Pilih menu “Transfer”.
  4. Pilih “Transfer ke Bank Lain”.
  5. Masukkan kode bank BNI (009) dan 16 Digit Nomor Virtual Account (contoh: 8241002201150001).
  6. Masukkan nominal transfer sesuai tagihan atau kewajiban Anda. Nominal yang berbeda tidak dapat diproses.
  7. Konfirmasi rincian Anda akan tampil di layar, cek dan tekan ‘Ya’ untuk melanjutkan.
  8. Transaksi Berhasil.
  1. Pilih menu “Transfer antar bank” atau “Transfer online antarbank”.
  2. Masukkan kode bank BNI (009) atau pilih bank yang dituju yaitu BNI.
  3. Masukan 16 Digit Nomor Virtual Account pada kolom rekening tujuan, (contoh: 8241002201150001).
  4. Masukkan nominal transfer sesuai tagihan atau kewajiban Anda. Nominal yang berbeda tidak dapat diproses.
  5. Konfirmasi rincian Anda akan tampil di layar, cek dan apabila sudah sesuai silahkan lanjutkan transaksi sampai dengan selesai.
  6. Transaksi Berhasil.

Selangkah lagi tuk wujudkan mimpimu bersama Institut Teknologi Telkom Surabaya. Jadi the next digital talent dan raih masa depan cemerlang.

Registrasi Online

Setelah melakukan pembayaran biaya pendidikan, silahkan melengkapi registrasi online berikut ini.

  1. Login iGracias : Buka website igracias.ittelkom-sby.ac.id/admission dan login menggunakan username & password PMB
  2. Upload SPK : Silahkan upload dokumen SPK (Surat Pernyataan Keuangan) dengan maksimum size 200kb
  3. Lengkapi Data : Isilah data sesuai yang tertera pada iGracias termasuk unggah dokumen-dokumen untuk keperluan daftar ulang
  4. Cetak Berita Acara : Bisa dilakukan jika semua tahap sudah selesai

Daftar Ulang

Tahapan ini dilakukan untuk melakukan validasi kelengkapan dan keabsahan berkas-berkas yang sudah dikumpulkan saat registrasi online sebelum cetak KTM.

  1. Cek Pengumuman : Cek Email dan Sosial media untuk dapat melihat informasi terbaru mengenai daftar ulang
  2. Siapkan Berkas : Siapkan berkas sesuai dengan yang diunggah pada akun iGracias
  3. Datang ke Kampus : Hadir sesuai dengan jadwal dan bawa berkas yang sudah dipersiapkan
  4. Map Control : Mengambil Map Control yang telah disediakan, mengecek kelengkapan dan memasukkan kedalam Map Control
  5. Verifikasi dan Validasi Berkas : Akan dilakukan oleh panita PMB
  6. Cetak KTM : Akan dibagikan oleh panitia PMB
  7. Assesment PKKMB  : Silahkan menunggu pengumuman selanjutnya mengenai PKKMB

Ketentuan Pindah Prodi

  • Pindah Program Studi diperkenankan sebelum memasuki proses registrasi onsite dan sesuai dengan ketersediaan kuota Prodi yang dituju
  • Pindah Program Studi disetujui apabila calon mahasiswa telah menyelesaikan semua pembayaran komponen biaya pendidikan atau LUNAS
  • Mengajukan surat tertulis kepada Rektor Institut Teknologi Telkom Surabaya untuk permohonan pindah Program Studi yang ditandatangani oleh calon mahasiswa baru dan orang tua/wali
  • Surat permohonan selambat-lambatnya diterima oleh pihak Institut Teknologi Telkom Surabaya maksimal 2 (dua) minggu setelah pembayaran LUNAS dengan melampirkan bukti pembayaran biaya pendidikan
  • Pindah program studi hanya diperkenankan 1 (satu) kali
    Unduh Surat Pindah Prodi

    Ketentuan Pengunduran Diri

    • Setiap pengunduran diri diwajibkan untuk menghubungi Call Center terlebih dahulu
    • Pengunduran diri karena alasan SELAIN diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNMPTN/SBMPTN,  maka seluruh biaya pendidikan yang telah disetorkan kepada ITTelkom Surabaya TIDAK DAPAT dikembalikan
    • Pengunduran diri karena alasan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNMPTN/SBMPTN,  maka biaya UP3 TIDAK DAPAT dikembalikan
    • Biaya SDP2 dan BPP dapat dikembalikan jika diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNMPTN/SBMPTN

    Syarat Pengunduran diri

    • Mengajukan surat permohonan pengunduran diri yang ditujukan Kepada Rektor ITTelkom Surabaya  dan ditandatangani oleh orang tua/wali
    • Melampirkan bukti pembayaran biaya pendirikan
    • Melampirkan bukti telah diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SNMPTN/SBMPTN
    • Melampirkan nomor rekening (nama pemilik, no rekening dan Bank) untuk pengembalian biaya
    • Surat Permohonan Pengunduran Diri beserta berkas kelengkapan lampiran dikirimkan ke
      Admisi Institut Teknologi Telkom Surabaya
      Jalan Ketintang 156, Surabaya, 60231
      08113278005
    • Unggah berkas undur diri melalui i-gracias
    • Berkas pengajuan undur diri diterima maksimal 2 minggu setelah pengumuman SNMPTN/SBMPTN
    • Permohonan pengembalian biaya dapat DITOLAK jika syarat dan ketentuan di atas tidak dipenuhi.
    Hubungi CSUnduh Surat Undur Diri