Rooftop Disulap, Jadi apa Hayo!? | Pendaftaran ITTelkom Surabaya

Rooftop Disulap, Jadi apa Hayo!?

15 Jun 2022 | Kegiatan Kampus | 0 comments

Halo guys, gimana nih kabar kalian. Kali ini kita mau ajak kalian jalan-jalan nih di Telkom Campus Surabaya. Wah udah penasaran kan kita mau jalan-jalan ke bagian mana nya ? Ayo ayo tebak dulu kita mau kemana. Yap, kali ini kita mau pergi ke bagian paling atas dari kampus tercinta kita, rooftop. Ada apa ya disana?

Singkat cerita, dulu rooftop kita itu panas banget guys. Gak ada apa apa nya, kering kerontang. Pokoknya males banget deh kalau disuruh ke rooftop. Tapi rooftop kita sekarang bukanlah rooftop yang dulu guys. Semuanya sudah disulap oleh 15 mahasiswa dari berbagai program studi sejak bulan September lalu loh. Wah udah cukup lama ya. Sekarang sudah ada apa aja ya di atas sana ? Mari kita intip sama-sama yuk!

Ternyata di rooftop kita udah banyak banget tumbuhan loh, baik itu dengan metode hidroponik maupun vertical farming. Berbagai sayuran maupun buah-buahan ditanam di sana. Seperti anggur, tomat, cabai, pepaya, binahong, terong, stroberi, markisa, dan masih banyak lagi. Gak cuma tanaman aja. Ternyata juga ada kolam ikannya! Ada ikan patin dan wader yang dibudidaya. Mahasiswa-mahasiswa ini gak hanya cuma sekedar menanam dan budidaya aja loh.

Kerennya lagi, mereka kedepannya juga bakal manfaatin teknologi IoT. Hmm, gimana tuh ? Jadi untuk kedepannya, penyiraman dan pemantauan kondisi tanaman seperti suhu dan kelembaban akan dimonitoring melalui smartphone. Sedangkan di kolam ikannya, mereka akan memasang kamera di dalam air untuk mempermudah pemantauan kondisi ikan maupun airnya. Wah keren banget ya guys, bisa mengimplementasikan teknologi di berbagai bidang. Selain itu hasil panen dari bercocok tanam tadi akan dijual. Wah asik juga tuh jadi ada nilai ekonomi nya juga.

“Untuk kedepannya dari proyek vertical farming ini, saya harap semua rooftop di gedung Telkom Campus Surabaya ada penghijaunnya. Selain membuat lebih asri, mahasiswa juga dapat banyak belajar dari proyek ini” kata Rafi, salah satu mahasiswa Telkom Campus Surabaya.

Gimana nih menurut kalian. Rooftop yang awalnya gersang banget bisa disulap jadi asri dalam hitungan bulan bahkan punya nilai ekonomi. Mau tau lebih dalam tentang Telkom Campus Suabaya ? Pantengin terus website kita yuk https://smb.ittelkom-sby.ac.id/ dan jangan lupa gabung di Telkom Campus Surabaya! Solution for the Nation!

Yuk Gabung ITTelkom Surabaya

Masih ada peluang di jalur seleksi Gelombang 4
Jangan lewatkan kesempatan kuliah di kampus Telkom

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)